Wisata

7 Tempat Wisata Populer di Solo yang Sayang untuk Dilewatkan

Kamis, 08 April 2021 - 21:44
7 Tempat Wisata Populer di Solo yang Sayang untuk Dilewatkan ILUSTRASI - Patung Slamet Riyadi yang berada di Kota Solo. (FOTO: Pinterest)

TIMES DEMAK, SOLOKota Solo memiliki banyak sekali tempat wisata menarik yang sudah dibuka untuk umum dengan catatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari taman kota hingga berbagai museum keren bisa Anda jelajahi di kota ini.

Mudah dijangkau dengan berbagai moda transportasi, seperti bus, Solo memang bisa jadi tujuan berlibur yang pas. Jika Anda berencana ke Solo, tempat wisata populer di Solo ini jangan sampai dilewatkan untuk dikunjungi ya.

1. Taman Balekambang

solo 2FOTO: ceritapiknik.com

Menjadi salah satu ikon-nya wisata Kota Solo, jangan sampai lewatkan berkunjung ke Taman Balekambang ya. Di sini Anda bisa bersantai bersama keluarga atau teman di area taman yang luas dan rindang.

Di masa pandemi ini, jam operasional Taman Balekambang berubah menjadi pukul 07.00 – 16.00 WIB dengan penerapan protokol kesehatan bagi pengunjungnya.

Selain wajib cuci tangan dengan sabun, anda juga wajib memakai masker dan akan melewati proses pengecekan suhu tubuh. Selain itu lansia, anak di bawah 15 tahun dan ibu hamil tidak diizinkan masuk ke taman selama masa pandemi ini.

2. Museum Radya Pustaka

Museum-Radya-Pustaka.jpgFOTO: Solo City Travel

Mampir ke museum tertua di Indonesia yuk! Ada Museum Radya Pustaka yang dibangun pada tahun 1980 di masa pemerintahan Pakubuwono IX.

Di museum ini Anda bisa melihat berbagai benda-benda kuno peninggalan sejarah, seperti gamelan, arca batu, wayang kulit dan masih banyak lainnya. Museum ini berada di Jalan Slamet Riyadi, mudah dijangkau dengan transportasi umum di Solo.

3. Kampung Wisata Batik Kauman

Kampung-Wisata-Batik-Kauman.jpgFOTO: Bayu Eka Novanta/Travelingyuk

Jika berbicara soal batik, Solo termasuk sentra batik populer di negeri ini. Anda pun bisa mampir ke Kampung Wisata Batik Kauman dan mengunjungi rumah industri batik milik pengrajin batik.

Di kampung batik ini juga terdapat showroom batik, tempat penelitian dan pengembangan batik dan museum koleksi batik. Selain melihat-lihat koleksi batik dan berbelanja batik Solo, Anda juga bisa belajar membatik lho!

4. Kampung Batik Laweyan

laweyan.jpgFOTO: Pesona.travel

Kampung batik yang satu ini merupakan salah satu ikon wisata Kota Solo dan juga pusat batik tertua setelah Kampung Kauman.

Motif batik yang bisa ditemukan di Kampung Batik Laweyan ini memiliki ciri khas warna yang lebih terang, dibandingkan batik di Kampung Batik Kauman. Tak hanya bisa membeli batik, di sini Anda juga bisa belajar membatik yang diajari langsung oleh pengrajin batik di kampung batik ini.

5. Museum Batik Danar Hadi

museum-batik.jpgFOTO: Dinas Pariwisata Solo - Pemerintah Kota Surakarta

Bagi Anda pecinta batik, rasanya sayang sekali jika tidak berkunjung ke Museum Batik Danar Hadi saat berada di Solo. Museum ini menyimpan koleksi sekitar 10.000 lembar kain batik dalam berbagai motif khas nusantara yang begitu indah.

Selain batik dengan motif khas Solo, di museum ini Anda juga bisa menemukan batik-batik koleksi dari Presiden pertama RI; Soekarno. Ada juga batik-batik motif Yogyakarta dan batik yang dibuat pada masa penjajahan dulu.

Museum ini berada di Jalan Brigjen Slamet Riyadi No. 261, mudah sekali ditemukan dengan transportasi umum di Solo.

6. Pasar Triwindu

pasar-triwindu.jpgFOTO: marischkaprudence.blogspot.co.id

Anda menyukai barang-barang antik? Jangan sampai kelewatan mengunjungi Pasar Triwindu ya. Di pasar ini Anda bisa menemukan berbagai barang-barang antik yang sangat memanjakan mata.

Mulai dari hiasan dinding, kamera model jadul. Lampu-lampu unik dan antik dan masih banyak lainnya. Anda bisa membeli barang-barang antik di pasar ini untuk oleh-oleh keluarga di rumah lho!

7. De Tjolomadoe

De-Tjolomadoe.jpgFOTO: Google Maps/Dido Ernanda Bachtiar

Tempat wisata di Solo yang satu ini dulunya merupakan pabrik gula Colomadu yang dibangun pada tahun 1861. Pada tahun 1997 pabrik gula ini berhenti beroperasi dan oleh PT Sinergi Colomadu yang merupakan joint venture dari beberapa perusahaan, membangun kembali pabrik gula ini untuk tempat wisata tanpa menghilangkan keindahan bangunannya.

Bangunan cagar budaya ini kini menjadi salah satu tujuan wisata populer dan instagramable di Solo yang ramai pengunjung.

Semakin tidak sabar mengunjungi Solo? Jangan lupa pesan tiket bus Pahala Kencana di Traveloka sekarang agar rencana liburan ke Solo bisa diwujudkan. Tenang, PO Pahala Kencana merupakan salah satu angkutan kota antar provinsi kelas eksekutif yang terpercaya di Indonesia. Jadi perjalanan ke Solo akan terasa aman dan juga nyaman. Tetap patuhi protokol kesehatan di mana pun berada ya!

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Demak just now

Welcome to TIMES Demak

TIMES Demak is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.