Berita

[CEK FAKTA] Kemacetan di Jalan Tikus Saat Mudik Lebaran

Jumat, 07 Mei 2021 - 17:13
[CEK FAKTA] Kemacetan di Jalan Tikus Saat Mudik Lebaran video singkat pemudik mengalami kemacetan saat melewati jalan tikus.

TIMES DEMAK, JAKARTA – Sebuah video singkat beredar di media sosial Facebook, Instagram, Whatsapp, hingga Twitter, terkait para pemudik mengalami kemacetan saat lewat jalan tikus mudik. 

Dalam video tersebut terlihat antrean orang-orang yang naik kendaraan sepeda motor di sebuah jalan sempit di pegunungan. Terdengar riuh suara orang-orang dalam video tersebut dan suara motor trail.

Berikut narasi dan video yang beredar di media sosial

Jalan Tikut Macey

cek-fakta-Jalan-Tikus-2.jpgSumber: Tangkapan layar WhatsApp

CEK FAKTA

Hasil penelusuran TIMES Indonesia, pemudik mengalami kemacetan saat lewat jalan tikus, tidak benar. Tidak ada informasi atau keterangan resmi yang menyebutkan bahwa ada jalan tikus yang mengalami kemacetan di lereng gunung.

Menurut penelusuran tim Cek Fakta TIMES Indonesia di mesin pencari, warganet yang membuat viral video tersebut adalah akun Facebook Siantar channel. Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta, informasi yang disebarkan itu dipastikan hoaks atau tidak benar. 

Dalam akun facebooknya, Siantar channel mengunggah video yang menyebut para pemudik melewati jalan tikus hingga macet.  Adapun narasi yang ditulis Akun Facebook Siantar channel adalah sebagai berikut: "update terbaru jalan tikus! pilihan utama mudik". 

Sampai berita ini ditulis video itu sudah ditayangkan lebih dari 900 kali dan disukai lebih dari 10 kali. Selain video itu, video serupa juga dibagikan oleh akun instagram @mardiguwp.

Menurut informasi dari Kompas.com, pemilik video tersebut sebelum diberi narasi jalan tikus dan menemukan akun TikTok @arexarikristyanto9 sebagai pemiliknya. Adapun pemilik akunnya yaitu Ari Kristyanto, adalah seorang wiraswasta dan penghobi trail. 

Ia pun menyebutkan bahwa video tersebut bukan merupakan jalan tikus jalur mudik. "Hoaks-lah. Itu gara-gara orang yang kurang kerjaan yang nge-post. Malah bikin masalah aja. Tolong yang nge-post di FB dan lainnya kasih teguran," kata Ari pada kompas.com, Jumat (7/5/2021). 

Ari mengungkapkan sebenarnya video tersebut adalah acara Trabas di event baksos yang diselenggarakan oleh Club Trail. Lokasinya di Magelang dan terjadi pada Maret 2021. Para peserta merupakan anggota komunitas yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Tengah. Dia mengatakan video yang dia unggah di TikTok diambil oleh temannya, akan tetapi dia ikut serta dalam kegiatan di video itu. 

"Se-Jateng aja itu. Kan udah lama gak ada acara baksos. Lama pandemi kan. Tujuannya bakti sosial pembangunan masjid," tuturnya.

cek-fakta-Jalan-Tikus-3.jpgSumber: [HOAKS] Video Kemacetan Pemudik di Jalan Tikus Berupa Pegunungan | Kompas

KESIMPULAN

Berdasar hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi mengenai pemudik mengalami kemacetan saat lewat jalan tikus, merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, informasi pemudik mengalami kemacetan saat lewat jalan tikus termasuk dalam kategori False context (konteks keliru). 

False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Demak just now

Welcome to TIMES Demak

TIMES Demak is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.