Berita

Satgas Covid-19 Telusuri Kontak Fisik dari Kasus Positif Mutasi Corona B117

Selasa, 02 Maret 2021 - 23:20
Satgas Covid-19 Telusuri Kontak Fisik dari Kasus Positif Mutasi Corona B117 Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Dok. BNPB)

TIMES DEMAK, JAKARTA – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pihaknya langsung menelusuri kontak erat dari kasus positif mutasi baru Virus Corona B117 untuk mencegah penyebarannya.

“Adanya temuan ini akan ditindaklanjuti dengan penelusuran segera dari kasus positif tersebut untuk mencegah penyebarannya," ujar Wiku, Selasa (2/3/2021).

Wiku menuturkan pemerintah juga menjaga pintu-pintu kedatangan dari luar negeri guna mencegah kembali masuknya mutasi baru Corona B117 tersebut.

"Saat ini, petugas di pintu kedatangan serta berbagai unsur yang terlibat, termasuk kementerian dan lembaga terkait bersama Satgas akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap impelementasi di lapangan,” ujar dia.

Pemerintah telah mengkonfirmasi ditemukannya dua kasus positif mutasi baru Virus Corona B117 yang berasal dari Inggris. Kasus positif tersebut ditemukan dari pemeriksaan pada Senin (1/3/2021) malam.

Dari berbagai literatur dan perkembangan penanganan virus Corona di dunia, varian baru B117 ini dilaporkan lebih menular hingga 70 persen dibandingkan dengan varian awal Corona SARS-CoV-2 yang ditemukan di Wuhan, China.

Wiku mengatakan pemerintah akan adaptif dengan situasi terbaru perkembangan virus Corona. Termasuk perubahan kebijakan mengenai pelaku perjalanan internasional.

“Pemerintah akan selalu berusaha adaptif dengan situasi dan kondisi yang ada termasuk perubahan kebijakan jika diperlukan,” tandas Wiku, Jubir Satgas Covid-19 tentang mutasi baru Virus Corona B117.(*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Demak just now

Welcome to TIMES Demak

TIMES Demak is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.